12.19.2009

perspektif hidup

jikalau anda berpikir orang yang kuat menghadapi hidup itu adalah orang yang hidupnya perfect sehingga dia bisa berpikir jernih dalam memberi saran dan nasehat dan dapat juga selalu memandang hidup secara positif, anda salah besar.

anda harus tahu darimana mereka mendapat saran-saran tentang kehidupan untuk anda. mereka mendapatkannya dari hidup mereka sendiri, yang sangat tidak sempurna. memang hidupnya tidak sempurna, tapi setidaknya mereka mencoba menjalankan hidupnya dengan optimisme dan mengharap akan kesempurnaan suatu saat. mereka tidak menyerah.

jika anda bertanya, kenapa semua orang ingin hidupnya perfect? anda menanyakan pertanyaan yang salah. pertanyaannya adalah: apakah definisi dari hidup yang perfect? banyak uang? punya pasangan hidup? nilai sempurna? jika anda menjawab iya dari semua pertanyaan itu, maka anda adalah orang yang sangat bodoh.

hidup anda sendiri itu sudah diciptakan sesempurna mungkin oleh Tuhan. kesalahan-kesalahan anda perbuat agar di masa depan, anda tidak mengulang kesalahan anda itu yang mungkin saja kalau terjadi dimasa depan, dampaknya akan lebih parah. segala kekurangan dalam hidup kita itu adalah yang membuat hidup kita sempurna, dengan cara yang tidak sempurna. jika hidup anda 'sempurna' 24/7, maka anda tidak akan bisa mengapresiasi hidup lagi. anda tidak akan merasakan kesenangan yang luar biasa jika tidak ada kesedihan, anda tidak akan merasakan kemenangan yang amat sangat membanggakan kalau anda tidak pernah jatuh, anda tidak akan pernah menghargai teman-teman anda yang selalu ada untuk anda, jika anda tidak dipisahkan dengan mereka, anda tidak akan mencintai dan menjaga seseorang dengan sungguh-sungguh, jika anda tidak pernah kehilangan orang yang anda cintai. orang yang menuju kesempurnaan hidup adalah orang-orang yang berani mengambil resiko.

jika anda berani mengambil resiko, dan anda berhasil, tentu saja perasaan anda akan lebih 'wow!' lebih mengasyikan, lebih menggembirakan, etc. jika anda tidak pernah mengambil resiko, memang hidup anda aman, tetapi anda tidak akan pernah merasakan hal-hal yang bisa membuat jantung anda berdegup-degup penuh dengan kebahagiaan karena anda sedang mempertaruhkan sesuatu yang sangat berharga bagi anda demi mendapatkan sesuatu yang lebih berharga.

kesimpulannya, jangan pernah takut akan kesedihan dan kekurangan dan ketidaksempurnaan yang hidup berikan kepada anda, itu semua adalah proses, proses menuju kebahagiaan, kebahagiaan yang bukan berbentuk material, tetapi kebahagiaan dimana itu adalah perasaan terhebat yang akan dirasakan manusia yang peka, karena bisa saja rasa itu datang dalam hal-hal terkecil dalam hidup. saya harap anda akan selalu bersyukur apapun yang terjadi, walaupun kita memang manusia yang selalu butuh mengeluh, tapi kurangilah keluhan anda kalau bisa.

selamat menikmati hidup :)

p.s. dont drown in memories for too long, dont let it make you sad and wish it would happen again, instead, just be thankful it happened to you and you were a part of that memory. memories could be knifes, it could make you miss out on the 'now'. give the 'now' a chance :D

No comments:

Post a Comment